Rejang Lebong (Antaranews Bengkulu) - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyebutkan pencarian dana desa tahap pertama oleh 122 desa di daerah itu mencapai 80 persen.

Kepala Dinas Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Rejang Lebong, Gunawan Firmansyah di Rejang Lebong, Senin, mengatakan jumlah desa yang telah mencairkan dana desa ini tahap pertama ini lebih dari 90 desa dari 122 desa, dan ditargetkan sampai akhir Juni nanti semua desa telah mencairkannya.

"Targetnya akhir Juni nanti semua desa sudah mencairkan DD tahap pertama sehingga bisa dilanjutkan dengan pencairan tahap kedua," ujarnya.

Dana desa yang dikucurkan ke daerah itu pada tahun ini masih difokuskan pada pembangunan infrastruktur, dan selebihnya untuk program pemberdayaan masyarakat dan BUMDes.

Proses pencairan dana desa (DD) pada tahun ini kata dia, sesuai dengan edaran Gubernur Bengkulu Nomor 410/092/DPMD/2018, yang berpatokan dari dasar PMK 225/PMK.07/2017 tentang pengelolaan transfer ke kas daerah dan dana desa.

Dalam peraturan ini menyebutkan pencairan DD tahap pertama sebesar 20 persen paling cepat Januari dan paling lambat minggu ketiga bulan Juni 2018, dengan persyaratan Perda tentang APBD 2018, dan Perbup tentang tata cara pengalokasi dan rincian DD per desa tahun 2018.

Seterusnya untuk pencairan tahap kedua sebesar 40 persen akan disalurkan paling cepat bulan Maret dan paling lambat minggu ke empat bulan Juni, dengan syarat laporan realisasi penyaluran DD tahun anggaran sebelumnya. Kemudian laporan konsolidasi penyerapan dan capaian output DD tahun sebelumnya.

Sedangkan pencairan DD tahap ketiga sebesar 40 persen dilaksanakan paling cepat bulan Juli, dengan syarat laporan realisasi penyaluran DD sampai tahap kedua. Laporan konsolidasi realisasi penyerapan dan capaian output DD sampai tahap kedua.

Untuk itu dia mengimbau seluruh desa di daerah itu agar secepatnya melakukan pencairan DD tahap pertama, karena jika tidak dicairkan sesuai batas ketentuan sehingga bisa dialokasi untuk rencana pembangunan di desa masing-masing.

Sebelumnya dana desa yang diterima Kabupaten Rejang Lebong mencapai Rp97 miliar. Jumlah ini mengalami kenaikan dibandingkan 2017 lalu sebesar Rp95 miliar.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018