Bengkulu Selatan (Antaranews Bengkulu) - Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan segera membangun perpustakaan terbesar di Provinsi Bengkulu guna meningkatkan minat baca yang bisa mendongkrak kualitas sumber daya manusia.

"Perpustakaan itu akan menjadi yang terbesar di Provinsi Bengkulu. Tinggi bangunannya mencapai empat lantai, serta dapat menyimpan ribuan buku, literatur dan manuskrip," kata Bupati Kabupaten Bengkulu Selatan Dirwan Mahmud, Rabu.

Dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) daerah setempat yang diadakan Februari 2018, ia mengatakan pembangunan perpustakaan merupakan salah satu program prioritas yang sebelumnya telah disepakati bersama antara Pemerintah Provinsi Bengkulu dengan Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan.

Pembangunan perpustakaan akan dimulai akhir tahun ini. Gedung itu diharapkan menjadi ujung tombak kemajuan ekonomi, inovasi hingga ilmu pengetahuan di Provinsi Bengkulu.

"Saat ini masih dalam tahap pencarian tender, kami menargetkan sekitar enam bulan lagi pembangunannya sudah harus berjalan," ungkapnya.

Lebih lanjut, Dirwan mengatakan pemerintah mengalokasikan dana mencapai Rp7 miliar guna menyelesaikan proyek pembangunan perpustakaan tersebut.?

Perpustakaan dibangun dua tahap di kawasan alun-alun kota. Pada tahap pertama dianggarkan Rp3,2 miliar melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah murni tahun 2018.

"Perpustakaan itu akan dilengkapi dengan lift, ruang ramah anak dan difabel hingga studio film agar masyarakat merasa nyaman dan tertarik berkunjung ke perpustakaan," papar Dirwan.

Pewarta: Sugiharto P

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018