Rejang Lebong (Antaranews Bengkulu) - Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, Sabtu, melakukan mutasi 263 pejabat yang bertugas di berbagai instansi di wilayah itu, 149 di antaranya menjadi staf.

"Dengan terpaksa pada hari ini ada 149 pejabat eselon II, III dan IV yang dijadikan staf atau pelaksana, karena berdasarkan penilaian-penilaian selama ini, selain ada yang dimutasi jabatannya juga ada pejabat yang diturunkan jabatannya dari III-b ke jabatan di bawahnya," kata Sekda Kabupaten Rejang Lebong RA Denni saat membacakan sambutan Bupati Rejang.

Mutasi 263 pejabat eselon IV, III dan II tersebut merupakan penyegaran melalui "job fit" (uji kemampuan) yang dilaksanakan Pemkab setempat pada awal 2018, guna pemenuhan formasi jabatan sesuai dengan Peraturan Kepala BKN No.23/2011, tentang pedoman penilaian kompetensi PNS.

Mutasi atau pergeseran ratusan pejabat yang berdasarkan Keputusan Bupati Rejang Lebong No.180.185.lll Tahun 2018, tertangal 8 Mei 2018 tersebut, selain berdasarkan penilaian dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi masing-masing yang dilakukan melalui uji kemampuan.

Para pejabat eselon II yang tidak lagi memegang jabatan ini nantinya akan diberikan kesempatan lagi untuk memegang jabatan dalam jabatan, sedangkan pejabat eselon III dan IV bisa mengikuti uji selanjutnya.

Pantauan dalam mutasi 263 pejabat di daerah itu diketahui terdapat tujuh pejabat eselon II yang menjalani rotasi yakni Kepala Bappeda Zulkarnain ke Sekretaris DPRD Rejang Lebong, sedangkan Heriyadi yang sebelumnya menjabat sebagai Sekwan DPRD setempat tidak memegang jabatan atau non job.

Jabatan kepala Bappeda Rejang Lebong ini selanjutnya dipegang Asli Samin yang sebelumnya menjabat sebagai kepala dinas kesehatan.

Seterusnya jabatan Kadis pertanian dan perikanan yang sebelumnya dijabat oleh Akhmad Rifai diganti oleh Taman SP, yang sebelumnya menduduki jabatan sebagai Kadis ketahanan pangan, sedangkan Akhmad Rifai tidak memegang jabatan.

Sementara itu ratusan pejabat lainnya yang mengalami mutasi dan promosi jabatan kali ini berasal dari eselon III dan IV yang memegang jabatan kepala bidang maupun kepala seksi serta jabatan Camat maupun Lurah.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Riski Maruto


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018