Mukomuko (Antaranews Bengkulu) - Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, sejak sebulan terakhir memberikan pelayanan perekaman data kartu tanda penduduk elektronik dengan keliling di sejumlah desa di daerah itu.

"Lebih dari sebulan terakhir kami gencar ke desa-desa untuk memberikan pelayanan perekaman data KTP-e kepada warga setempat," kata Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil Kabupaten Mukomuko Yan Daryat di Mukomuko, Kamis.

Ia menyatakan, personel dinas ini membawa satu unit kendaraan roda empat dan peralatan perekaman data KTP-e untuk memberikan pelayanan perekaman data KTP-e langsung di tempat.

Pelayanan perekaman data KTP=e di sejumlah desa di daerah itu dilaksanakan secara bertahap sejak sebulan terakhir.

Ia menyatakan, personel dinas itu menyasar sejumlah desa yang sulit dijangkau kendaraan roda dua dan empat seperti desa yang berada di Kecamatan Malin Deman dan desa terpencil lainnya.

Selain itu, katanya, termasuk memberikan pelayanan perekaman data e-KTP di desa yang berada sepanjang Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) di Kecamatan Ipuh.

Meskipun di kecamatan ini sudah ada alat perekaman data e-KTP, namun warga setempat lebih senang mendapatkan pelayanan dari pemerintah langsung ke tempat tinggal mereka.

Selain itu, instansinya mengusulkan pembelian satu unit mobil perekaman data KTP-e untuk menjangkau pelayanan administrasi kependudukan di desa daerah itu.

"Kami mengusulkan dana pembelian mobil ini di APBD perubahan tahun ini," ujarnya.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018