Bengkulu (Antaranews Bengkulu) - Pelaksana tugas Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengajak pasangan calon yang memenangkan suara pemilih pada Pilkada 2018 agar tidak merayakan kemenangannya dengan cara berlebihan.

"Mari kita sama-sama menjaga stabilitas keamanan daerah, yang menang tak berlebihan, yang kalah legowo," kata Gubernur Rohidin Mersyah saat memantau penyelenggaraan pemilihan, di Bengkulu, Rabu.

Sampai pada penghitungan suara, menurut gubernur, tahapan berlangsung aman dan damai. Tidak ada tindakan-tindakan yang dianggap mengganggu ketenteraman masyarakat.

"Sejauh pengamatan kita, jalannya Pilkada berlangsung aman dan damai. Sama sekali tidak terlihat adanya gesekan antara pendukung masing-masing pasangan calon," kata dia.

Hal itu menurut Rohidin merupakan salah satu bentuk kedewasaan masyarakat serta pendukung kandidat selama mengikuti proses pesta demokrasi.

Meskipun begitu, lanjut dia, juga tidak menutup kemungkinan akan ada perayaan dari simpatisan pasangan calon yang memenangkan Pemilihan Wali Kota Bengkulu ini.

"Maka perlu saling menghargai, agar apa yang kita harapkan untuk daerah ini terwujud, termasuk penyelenggaraan yang damai," ucapnya.

Kapolda Bengkulu Brigjen Pol. Coki Manurung ikut menyampaikan hal serupa yakni pesan perdamaian dan saling menghargai.

Kepolisian juga akan mendeteksi sedini mungkin jika terjadinya gesekan antara pendukung pasangan calon.

"Deteksi dini guna menghindari gesekan semakin meluas. Tapi kita tetap mengimbau untuk masing-masing pasangan calon yang dinyatakan menang untuk tidak melakukan kegiatan yang menimbulkan gesekan," ujarnya.

Pewarta: Boyke ledy watra

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018