Mukomuko (Antaranews Bengkulu) - Pembangunan "Sheet Pile" atau bangunan penahan erosi Sungai Selagan di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, tahun 2019 terancam batal karena tidak adanya anggaran untuk pembangunannya.

"Kemungkinan batal karena tidak ada anggaran dari pemerintah pusat untuk pembangunannya," kata Kabid Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Mukomuko, Sunaji di Mukomuko, Kamis.

Ia menyebutkan hal itu menindaklanjuti hasil rapat membahas soal anggaran pembangunan penahan erosi Sungai Selagan di Jakarta belum lama ini.

Ia menyatakan, Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera VII tahun ini batal membangunan "Sheet Pile" atau bangunan penahan erosi Sungai Selagan karena tidak ada anggaran pembangunannya.

Kemudian rencana pembangunannya ditunda tahun 2019, namun anggaran untuk pembangunannya juga tidak ada tahun depan.

"Baru sebatas itu informasi terkait pembangunan penahan erosi Sungai Selagan yang kami dapat," ujarnya.

Ia mengemukakan pihak BWS Sumatera VII telah membuat Detail Engineering Design (DED) atau detail bangunan Sheet Pile untuk penahan erosi Sungai tersebut.

Ia menyebutkan alokasi anggaran pembangunan Sheet Pile untuk penahan erosi Sungai Selagan di daerah itu sebesar Rp50 miliar.

Pembangun bangunan itu tidak hanya untuk pengaman pemukiman penduduk di Pantai Indah Mukomuko, Kelurahan Koto Jaya, termasuk benteng peninggalan Inggris "Fort Van Anna".

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018