Rejang Lebong (Antaranews Bengkulu) - Bupati Rejang Lebong, Ahmad Hijazi meminta kalangan masyarakat setempat menjadikan peringatan HUT Kota Curup sebagai ajang promosi daerah.

"Berbagai kegiatan pagelaran dan perlombaan kesenian daerah, kemudian pameran pembangunan dan bazar peringatan HUT Kota Curup ke 138 ini hendaknya menjadi sarana untuk menginformasikan potensi daerah," kata dia, saat menjadi inspektur peringatan HUT Kota Curup ke 138 di Lapangan Setia Negara Curup, Provinsi Bengkulu, Jumat.

Perlombaan dan pementasan aneka kesenian daerah ini, tambah dia, akan dikemas dalam kegiatan pekan budaya daerah antara lain lomba bekulo (perasanan atau pendekatan antar keluarga sebelum acara pernikahan), bujang semulen (bujang dan gadis), lomba tari kejei (tari khas Rejang).

Seterusnya ialah lomba menulis dan membaca huruf asli masyarakat Rejang yakni Kaganga, lomba busana Pei Kaganga yang merupakan pakaian daerah Rejang dan lomba lagu Rejang serta lomba bidang lainnya.

Selain itu, peringatan HUT Kota Curup ini, kata dia, hendaknya dijadikan momentum untuk evaluasi kinerja pemerintahan setempat dalam beberapa tahun belakangan sehingga bisa lebih baik dan kekurangannya yang bisa diperbaiki.

Dirinya secara khusus meminta aparatur pemerintah di Rejang Lebong agar tetap mengedepankan profesionalisme dalam bekerja dengan sikap disiplin, tertib, budaya bersih dari KKN sehingga penyelenggaraan pemerintahan dapat berjalan sesuai harapan.

Untuk melihat kemajuan dan program pembangunan yang dilaksanakan Pemkab Rejang Lebong dia mengajak kalangan masyarakat daerah itu dan masyarakat luar guna melihat pameran pembangunan dan festival budaya daerah yang dipusatkan di Lapangan Dwi Tunggal Curup yang akan dimulai 30 Juni hingga 7 Juli mendatang.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018