Mukomuko (ANTARA Bengkulu) - Sekitar tiga hektare lahan gambut di belakang kantor Kementerian Agama Kabupaten Mukomuko, Provinsi bengkulu, Senin pagi, terbakar sehingga menyebabkan asap tebal menutupi badan jalan di lokasi itu.

Berdasarkan pantauan pada Senin, pukul 08.00 WIB, sepajang jalan di lokasi kebakaran lahan gambut itu tampak diselimuti asap tebal sehingga menyulitkan pengendara sepeda motor melewati jalan itu.

Bahkan ketebalan asap yang berasal dari kebakaran lahan gambut yang berada di depan tanah untuk pembangunan kantor Makodam tersebut, membuat sejumlah pengedara motor memilih tidak melewati lokasi tersebut.

"Asapnya sangat tebal, kami tidak bisa melewati jalan itu," kata salah seorang pengendara sambil berlalu dari lokasi itu.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mukomuko Jasni Bahari mengatakan, dia tidak mengetahui persis kejadian kebakaran di lokasi itu.

"Setahu kami pagi hari tadi tidak ada lagi kebakaran hanya asap jadi kami tidak tahu kapan kejadian kebakaran," ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga belum mengetahui penyebab kebakaran lahan gambut tersebut.

"Kami belum tahu penyebabnya karena kemungkinannya ada dua yakni disebabkan puntung rokok yang dibuang sembarangan, atau karena dibakar," ujarnya menerangkan.(ant)

Pewarta:

Editor : Ferri Aryanto


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012