Rejang Lebong (Antaranews Bengkulu) - Kepolisian Daerah (Polda) Bengkulu, memberikan kesempatan kepada pemuda-pemudi asal daerah terluar yakni Pulau Enggano untuk mengikuti program khusus penerimaan anggota Polri di wilayah itu.

Kapolda Bengkulu, Brigjend Pol Coki Manurung, usai membuka pendidikan pembentukan bintara (Diktukba) Sekolah Polisi Negara (SPN) Bukit Kaba di Kabupaten Rejang Lebong, Selasa, mengatakan, mulai 2018 pihaknya memberlakukan program khusus penerimaan putra-putri asal Pulau Enggano untuk menjadi anggota Polri.

"Ada dua siswa yaitu satu Polki dan satu Polwan yang berasal dari Pulau Enggano yang diterima dalam program khusus penerimaan putra-putri dari Pulau Enggano, ini yang pertama kali dari program khusus Polda Bengkulukita," ujar Kapolda.

Dua calon anggota Polri yang sedang menempuh pendidikan polisi tersebut, kata dia, nantinya setelah lulus akan ditugaskan di wilayah Pulau Enggano yang merupakan salah satu pulau terluar di Tanah Air.

Pada penerimaan anggota Polri yang dilaksanakan Polda Bengkulu pada 2018, menurut Kapolda, dari total 136 orang yang dinyatakan lulus seleksi bintara polisi di Polda Bengkulu sebanyak 125 orang menempuh pendidikan di SPN Bukit Kaba, Kabupaten Rejang Lebong.

Sedangkan, 10 orang di calon Polwan yang menjalani pendidikan di SPN Ciputat Jakarta Selatan. Selanjutnya satu orang adalah lulusan Bakomsus jurusan kimia yang menjalani pendidikan di SPN Sulawesi Selatan.

Para calon bintara polisi ini, nantinya akan mengikuti pendidikan selama tujuh bulan, dan setelah lulus mereka akan dikembalikan ke kabupaten/kota yang menjadi asalnya di Bengkulu.

Penempatan tugas ke daerah asal ini untuk mempermudah mereka dalam melaksanakan tugasnya sebagai anggota Polri, karena sudah banyak mengenal wilayahnya sehingga akan memudahkan dalam mengemban tugasnya.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018