Mukomuko (Antaranews Bengkulu) - Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, hingga kini belum menetapkan 5.573 orang warga miskin yang menerima bantuan program jaminan kesehatan daerah (Jamkesda) yang terintegrasi dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan.

Kabid Farmasi dan Sumber Daya Kesehatan Dinkes Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Jhoni di Mukomuko, menyatakan saat ini pihak BPJS masih mencari orang untuk diusulkan sebagai penerima bantuan program ini.

Ada orang terdata sebagai penerima program ini yang dinonaktifkan karena tergolong ekonomi mampu dan ada juga warga miskin yang belum terdata diusulkan sebagai penerima bantuan program ini, ujarnya.

Setelah BPJS kesehatan mendapatkan orangnya, kemudian diserahkan ke Dinas Sosial setempat, lalu Dinas Sosial setempat menyerahkan data penerima program ini ke tenaga kesejahteraan sosial kecamatan (TKSK) yang bertugas melakukan pengecekan nama penerima bantuan program ini di wilayahnya masing-masing.

Kemudian Dinas Sosial setempat menyampaikan data penerima bantuan program tersebut kepada pemerintah provinsi setempat, lalu data itu disampaikan ke pemerintah pusat. 

Pemerintah pusat yang mengeluarkan SK penetapan sebanyak 5.573 warga setempat yang menerima bantuan program jamkesda dari pemerintah setempat.

Ia menargetkan, penetapan sebanyak 5.573 orang warga yang menerima program ini selesai dalam bulan Agustus, ujarnya.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018