Mukomuko (Antaranews Bengkulu) - Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, akan mengecek laporan terkait adanya tanaman padi yang diduga diserang hama keong mas dan wereng di Desa Rawa Mulya, Kecamatan XIV Koto.

"Kami cek dulu kebenaran laporan tersebut, kalau laporan dari kelompok tani seluas 18 hektare tanaman padi yang diserang hama keong mas dan wereng, kata Kasi Proteksi Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Mukomukomuko, Wal Asri di Mukomuko, Senin.

Dinas pertanian setempat menerima proposal permohonan bantuan obat hama keong mas dan wereng dari Kelompok Tani Sido Makmur di Desa Rawa Mulya, Kecamatan XIV Koto.

Ia menyatakan, petugas instansi tersebut akan mengecek kebenaran laporan tertulis tersebut, termasuk luas lahan tanaman padi yang diserang hama keong mas dan wereng tersebut.

Selain itu, instansinya juga meminta data luas tanaman padi yang diserang hama wereng kepada penyuluh pertanian lapangan (PPL) di wilayah itu.

"Laporan itu merupakan dasar kami untuk melakukan pengecekan tanaman padi yang diserang hama dan membantu mengatasinya," ujarnya.

Dia menyatakan, tetap mengikuti standar operasional prosedur (SOP) dalam memberikan bantuan untuk mengatasi hama yang menyerang tanaman padi.

Instansinya akan memberikan bantuan racun muluskisida untuk mengatasi hama keong mas yang merusak tanaman padi milik kelompok tani tersebut.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018