Mukomuko (Antaranews Bengkulu) - Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, memberikan bantuan racun moluskisida kepada Kelompok Tani Sido Makmur di Desa Rawa Mulya, Kecamatan XIV Koto, untuk mengatasi hama keong mas yang menyerang tanaman padi mereka.

"Kami telah menyerahkan racun moluskisida kepada kelompok tani tersebut, selanjutnya mereka yang menggunakan untuk mengatasi hama keong racun," kata Kasi Proteksi Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian Kabupaten Mukomukomuko, Wal Asri di Mukomuko, Selasa. 

Dinas pertanian setempat menerima proposal permohonan bantuan untuk mengatasi keong mas dan wereng dari Kelompok Tani Sido Makmur di Desa Rawa Mulya, Kecamatan XIV Koto. 

Ia menyatakan, petugas telah mengecek luas lahan tanaman padi milik kelompok tani Sido Makmur di Desa Rawa Mulya yang diserang oleh hama keong mas. 

Ia menyebutkan, sekitar 18 hektare tanaman padi milik kelompok tani di wilayah tersebut yang diserang oleh keong mas. 

"Kami mengajak penyuluh pertanian lapangan (PPL) di wilayah itu melakukan pengecekan luas lahan tanaman padi yang diserang hama," ujarnya. 

Dia menyatakan, isntansinya memberikan bantuan racun moluskisida yang dibutuhkan oleh kelompok tani tersebut sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP). 

Ia berharap, kelompok tani segera menggunakan racun untuk mengatasi hama keong mas yang menyerang tanaman padi.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018