Mukomuko (Antaranews Bengkulu) - Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengabarkan pemerintah pusat bakal membuka penerimaam calon pegawai negeri sipil tahun 2018 secara online atau dalam jaringan/daring.

"Ada penerimaan CPNS tahun 2018. Penerimaan CPNS tahun ini terbesar dari sebelumnya," kata Kepala Badan kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Mukomuko Jawoto di Mukomuko, Sabtu.

Sebelum diumumkan kapan pendaftarannya, katanya, ada hal yang perlu diketahui secara umum, yakni pendaftarannya di seluruh Indonesia sama melalui sistem seleksi CPNS nasional (SSCN).

Semuanya serba online atau dalam jaringan/daring, tidak ada tatap muka antara peserta seleksi CPNS dengan panitia rekrutmen calon pegawai itu di tingkat kabupaten dan pusat.

Selain itu, katanya, yang perlu diketahui oleh pelamar CPNS tahun ini adalah, pelamar harus punya nomor induk kependudukan (NIK) dalam kartu tanda penduduk (KTP) dan nomor induk dalam kartu keluarga.

Karena dua nomor induk tersebut yang dimasukkan dalam data pendaftaran CPNS, sehingga jauh sebelumnya peserta sudah mempersiapkan diri karena waktunya hanya satu minggu pengumuman dan satu minggu pendaftaran.

Jangan sampai nanti peserta habis waktu menggurus NIK. Untuk itu cek NIK KTP dan KK di Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil.

"Karena dua ada kejadian NIK tidak tercover dalam data, tetapi peserta baru menggurus NIK," ujarnya.

Ia menjelaskan, bahwa seleksi CPNS tahun ini terbagi menjadi beberapa tahap, yakni seleksi administrasi seperti KK dan KTP dan izajah asli, atau tidak ada foto copy ijazah.

Karena kalau foto copy ijazah yang dilegalisir dianggap tidak memenuhi syarat karena dalam penerimaan CPNS tahun ini ada dua Jawaban tidak memenuhi syarat (TMS) dan memenuhi syarat (MS).

Maka dari sekarang perlu dipersiapkan. Maka kalau nanti yang harus disampaikan ijazah asli, maka ijazah asli yang harus discan din Upload.

Selanjutnya, seleksi kompetensi dasar melalui sistem "Computer Assisted Test" ?atau CAT merupakan metode seleksi dengan alat bantu komputer, terakhir selekesi Kompetensi bidang diserahkan ke masing-masing kabupaten/kota.

Ia menerangkan, pada saat pendafataran ada peserta yang TMS dan MS. Yang memenuhi syarat otomatis menerima nomor ujian. Yang TMS tidak bisa diganggu gugat dan tidak ada kontak person dengan peserta.

Terkait dengan lokasi seleksi, ia mengatakan, kemungkinan memanfaatkan fasilitas di daerah yang mampu, yang tidak mampu tetap diadakan seleksi di Kota Bengkulu.

Kapan pendaftaran dan kapan pengumuman, ia mengatakan, menunggu beberapa hari lagi, termasuk berapa formasi dan kualifikasi yang disyaratakan beberapa hari lagi.

Ia menyatakan, ada usulan agar penerimaan CPNS terutama diutamakan anak-anak di daerah.

"Artinya kita menginginkan paling tidak kalau dia tinggal di kabupaten kota KTP Bengkulu. Karena kalau dibebaskan kita tahu SDM daerah itu," ujarnya.

Terkait dengan usulan itu baru proses, apakah itu disetujui atau tidak oleh pihak Kemenpa

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018