Mukomuko (Antaranews Bengkulu)  Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengatakan bahwa situs benteng peninggalan Inggris "Fort Van Anna (Anna)" di daerah itu dipastikan tidak menjadi kendala bagi pemerintah untuk membangun penahan erosi Sungai Selagan.

Dalam surat bupati, situs benteng `Anna tidak menjadi kendala kalau dilakukan pembangunan bangunan penahan erosi sungai di lokasi tersebut, kata Kepala Dinas PUPR Kabupaten Mukomuko Apriansyah di Mukomuko, Minggu. 

Bupati setempat menyampaikan surat tersebut guna meyakinkan pihak yang khawatir situs benteng Anna yang berada sepanjang Sungai Selagan rusak akibat pembangunan penahan erosi Sungai Selagan.

Karena sebagian bangunan penahan erosi Sungai Selagan tersebut otomatis berada di dalam lokasi lahan benteng Anna.

Pemerintah setempat mengusulkan pembangunan bangunan penahanan erosi sungai kepada pemerintah pusat guna menyelamatkan situs benteng Anna dan pemukiman penduduk.

Karena jarak sebagian bangunan benteng peninggalan Inggris di Pantai Indah Mukomuko, Kelurahan Koto Jaya tersebut dengan Sungai Selagan hanya beberapa meter.

Apabila sepanjang pinggir sungai tersebut tidak dibangun bangunan penahan erosi sungai, maka sebagian bangunan benteng Anna tersebut masuk ke dalam Sungai Selagan.

Pemerintah setempat melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang setempat kembali mengusulkan anggaran untuk pembangunan "sheet file atau bangunan penahan erosi Sungai Selagan kepada pemerintah pusat.

Ia berharap, tahun 2019 ada anggaran pembangunan bangunan penahan erosi sungai tersebut. 

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018