Mukomuko (Antaranews Bengkulu) - Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan program inseminasi buatan (IB) atau kawin suntik untuk ternak sapi tetap berlanjut, meskipun realisasinya telah melebihi target yang ditetapkan sebanyak 1.300 ekor sapi pada tahun 2018.

Petugas peternakan dan kesehatan hewan kecamatan terus memberikan pelayanan kesehatan berupa kawin suntik atau inseminasi buatan gratis terhadap hewan ternak milik warga di daerah ini, kata Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Warsiman di Mukomuko, Jumat. 

Dinas Pertanian setempat menyatakan realisasi program inseminasi buatan (IB) atau kawin suntik untuk ternak sapi di daerah itu sebanyak 1.526 ekor, atau sebesar 117 persen dari target sebanyak 1.300 ekor sapi.

Ia menyatakan, meskipun realisasi program IB tahun ini melebihi target, namun instansinya tetap melaksanakan program IB untuk ternak sapi hingga bulan Desember tahun ini.

Warsiman menyatakan, petugas peternakan dan kesehatan hewan kecamatan terus memberikan pelayanan kesehatan berupa kawin suntik atau inseminasi buatan gratis terhadap hewan ternak milik warga di daerah tersebut.

Ia menyatakan, setiap bulan lebih dari 100 induk sapi yang telah diberikan IB oleh petugas peternakan dan kesehatan hewan di daerah tersebut.

Kita masih punya banyak obat untuk melaksanakan kegiatan IB untuk ternak sapi, ujarnya.

Selanjutnya tujuan dari kegiatan IB ini untuk mempercepat induk sapi bunting kemudian melahirkan.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018