Mukomuko (Antaranews Bengkulu) Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan pemerintah pusat berencana membangun sebanyak 50 unit rumah untuk nelayan berpenghasilan rendah di daerah itu pada tahun 2019.

Rencana pembangunannya tahun 2019. Pemerintah pusat yang akan membangunnya,? kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kabupaten Mukomuko Edy Yanto di Mukomuko.

Pemerintah setempat melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman setempat tahun ini menyiapakan lahan seluas satu hektare untuk lokasi pembangunan sebanyak 50 unit rumah untuk nelayan setempat. 

Pemerintah setempat membeli lahan seluas satu hektare milik warga untuk lokasi pembangunan sebanyak 50 unit rumah nelayan di Kelurahan Koto Jaya. 

Selain itu, instansinya menggurus sertifikat lahan untuk lokasi pembangun rumah untuk nelayan tersebut. 

Sekarang ini proses pemecahan sertifikat induk lahan untuk lokasi pembangunan rumah nelayan, ujarnya. 

Ia menyatakan, lahan seluas satu hektare untuk lokasi pembangunan rumah nelayan tersebut berada sejauh 300 meter dari Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) dan berada di luar kawasan cagar alam (CA). 

elain itu, katanya, lahan itu berada di seberang jalan atau jauh dari pinggir pantai di Kelurahan Koto Jaya, Kecamatan Kota Mukomuko.

Ia menyatakan, pemerintah setempat tidak hanya menyiapkan lahan untuk lokasi pembangunan rumah nelayan, termasuk juga menyiapkan jalan dan sarana air bersih dan listrik.

Sebanyak 50 keluarga nelayan setempat yang akan mendapatkan program perumahan khusus untuk nelayan atau masyarakat berpenghasilan rendah dari pemerintah pusat.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018