Mukomuko (Antaranews Bengkulu)  Pendistribusian logistik pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di 38 desa di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, yang rencananya hari ini ditunda pada Selasa (11/9), atau satu hari sebelum pelaksanaan pemungutan suara, yakni tanggal 12 September.

"Pendistribusiannya ditunda demi keamanan. Karena kalau pendistribusiannya hari Selasa (11/9), maka logistik pilkades itu hanya selama satu malam berada di tempat pemungutan suara," kata Kabid Pemerintah Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Mukomuko Eka Purwanto di Mukomuko, Senin.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa setempat sebelumnya akan mendistribusikan logistik pilkades serentak di 38 desa di daerah itu pada Senin, atau dua hari sebelum pelaksanaan pemungutan suara, yakni tanggal 12 September 2018.

Namun dari hasil rapat dengan kepolisian resor setempat terkait dengan teknis pendistribusian logistik pilkades, sehingga pendistribusian logistik pilkades serentak di 38 desa di daerah itu ditunda hari Selasa (11/9).

"Kami telah menyerahkan pengamanan pendistribusian logistik pilkades kepada kepolisian resor setempat," ujarnya.

Instansinya mendistribusikan logistik pilkades seperti kotak suara, bilik suara, surat suara dan berbagai alat tulis kantor (ATK) untuk keperluan panitia penyelenggara pilkades serentak di 38 desa di daerah itu.

Semua logistik pilkades tersebut akan dimasukkan dalam 76 kotak suara untuk pilkades serentak di 38 desa di daerah tersebut.

Terkait dengan teknis distribusi logistik pilkades ini dibagi menjadi lima zona pembagian. Penanggung jawab masing-masing zona mendistribusikan logistik pilkades di empat hingga sembilan desa di daerah itu.

"Zona distribusi logistik pilkades serentak yang paling jauh berada di wilayah Kecamatan Malin Deman," ujarnya.

Ia menyebutkan, jumlah tempat pemungutan suara (TPS) untuk pilkades serentak ini sebanyak jumlah desa yang menggelar pilkades serentak, yakni sebanyak 38 TPS, atau satu TPS per desa.

Kemudian jumlah peserta pilkades serentak di 38 desa di darah itu, katanya, berdasarkan keputusan bupati setempat sebanyak 106 orang peserta.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018