Mukomuko (Antaranews Bengkulu) - Pengurus DPC Partai Gerindra Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, akan mengganti daftar calon sementara (DCS) bakal calon legislatif perempuan dari partai tersebut yang mengundurkan diri.

"Partai Gerindra daerah ini telah menyampaikan pemberitahuan secara lisan untuk mengganti DCS bacalag perempuan kepada KPU setempat, namun hingga kini mereka belum mengajukan calon penggantinya," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mukomuko Irsyad Kamarudin di Mukomuko, Senin.

Ia menyatakan, lembaganya memberikan batas waktu kepada Partai Gerindra untuk mengajukan calon pengganti DSC bacaleg perempuan pada hari ini.

Partai Gerindra mengganti bacaleg perempuan dengan bacaleg perempuan untuk daerah pemilihan (Dapil) satu Mukomuko yang meliputi Kecamatan Kota Mukomuko, Lubuk Pinang, Air Manjuto, V Koto dan XIV Koto. 

Sedangkan alasan Partai Gerindra mengganti bacaleg perempuan karena bacalegnya itu mengundurkan diri.

Menurutnya, KPU setempat masih bisa menerima alasan partai tersebut mengajukan calon pengganti DCS bacaleg perempuan.

Selain itu, katanya, pergantian DCS bacaleg perempuan dari partai tersebut tidak mempengaruhi keterwakilan perempuan di partai itu.

Ia menyebutkan, Sebanyak 281 bacaleg yang diajukan oleh 14 partai politik yang masuk dalam DCS untuk Pemilu 2019 di daerah itu, atau berkurang dibandingkan sebelumnya sebanyak 311 orang.

Jumlahnya berkurang karena sebanyak 31 bacaleg tersebut tidak memenuhi syarat (TMS). 

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018