Bengkulu (Antaranews Bengkulu) - Pemerintah Provinsi Bengkulu menyiapkan lima agenda wisata unggulan untuk menggaet para wisatawan nusantara maupun mancanegara berkunjung ke daerah itu.

"Ada lima agenda unggulan yang akan digelar untuk menarik sebanyak mungkin turis ke Bengkulu," kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu, Yudi Satria, di Bengkulu, Kamis.

Saat rapat koordinasi perencanaan pembuatan "masterplan" pengembangan pariwisata daerah Bengkulu menuju "Visit Wonderful Bengkulu 2020", ia mengatakan terdapat lima klaster pariwisata yang telah disusun.

Berdasarkan keputusan Gubernur Bengkulu nomor L.82 Dispar tahun 2018 tentang Obyek Wisata Unggulan di kabupaten dan kota menjelaskan bahwa terdapat lima klaster kegiatan "Wonderful Bengkulu" yakni Marine Festival, Bencoolen Festival, River Lake Festival, Garden Flower Festival, dan Mountain Valley Festival.

Lima klaster tersebut diciptakan lewat perpaduan potensi objek wisata dengan kekayaan budaya, komoditas dan kuliner di kabupaten dan kota antara lain Kabupaten Kaur, Lebong, Rejang Lebong, Kepahiang dan Kota Bengkulu.

Sementara satu agenda pariwisata dengan menyajikan perpaduan sisi budaya dan religi Bengkulu dalam Festival Tabut telah dibuka pada Senin (10/9) malam dan berlangsung selama 10 hari.

Kegiatan tahunan ini bertujuan menarik wisatawan sekaligus mengenang kisah kepahlawanan dan kematian cucu Nabi Muhammad SAW, Husein bin Ali bin Abi Thalib dalam peperangan dengan pasukan Ubaidillah bin Zaid di Padang Karbala, Irak pada 10 Muharam 61 Hijriah atau 681 Masehi. 

Festival Tabut menurut dia bertujuan memperkenalkan serta mengembangkan ragam kesenian dan budaya sebagai daya tarik wisata yang ada di Bumi Rafflesia. 

Selain itu, festival ini juga menjadi wadah bagi para pelaku seni dan industri kreatif untuk berkreasi dan melestarikan budaya lokal. ???? "Festival ini juga menjadi satu roda penggerak perekonomian dari sektor wisata," katanya.

Pewarta: Helti Marini S

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018