Mukomuko (Antaranews Bengkulu) - Dinas Kesehatan(Dinkes) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, segera membentuk tim layanan cepat tanggap darurat kesehatan atau "public safety center (PSC) 119" guna membantu penanganan kesehatan secara cepat di daerah setempat.

Dalam waktu dekat ini pembentukan tim PSC 119 di daerah ini, atau sebelum Hari Kesehatan Nasional (HKN) pada November 2018, kata Kabid Farmasi dan Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mukomuko, Jhoni, di Mukomuko, Jumat.

Tim gabungan PSC 119 terdiri dari dinas kesehatan setempat, Polisi, TNI, dinas satuan polisi pamong praja dan pemadam kebakaran dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mukomuko.

Ia mengatakan, instansinya membentuk tim PSC 119 sebelum pelaksanaan HKN karena peluncuran tim PSC 119 daerah itu dan kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu pada saat HKN 2018.

Pemerintah provinsi telah menyampaikan imbauan kepada daerah ini agar segera membentuk tim PSC 119, ujarnya.

Ia menyatakan, tim PSC 119 ini tidak hanya fokus pada satu layanan cepat tanggap darurat kesehatan saja, namun juga layanan cepat keamanan dan ketertiban masyarakat.

Dinkes Mukomuko membantu masyarakat yang membutuhkan pelayanan cepat tanggap darurat kesehatan karena tim PSC secara otomatis mengetahui keberadaan masyarakat yang menghubungi 119.

Selanjutnya, katanya, petugas kesehatan dari Puskesmas daerah itu membantu masyarakat mendapatkan fasilitas kesehatan tingkat dasar yang terdekat.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018