Rejang Lebong (Antaranews Bengkulu) - Pejabat Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, meminta kalangan pengurus organisasi kemasyarakatan (Ormas) di daerah itu agar dapat membangun karakter bangsa.

Staf Ahli Bupati Rejang Lebong Bidang Politik, Nurafik saat membuka kegiatan Sosialisasi Ormas di salah satu hotel di Rejang Lebong, Selasa, mengatakan keberadaan suatu Ormas ditengah masyarakat dinilai bisa membangun karakter bangsa karena mereka bersentuhan langsung dengan masyarakat.

"Keberadaan Ormas ini kami harapkan bisa membangun karakter bangsa kita yang luhur dan santun, kemudian bisa memelihara persatuan dan kesatuan bangsa khususnya di Kabupaten Rejang Lebong," ujarnya.

Peran dan fungsi dari Ormas itu sendiri kata dia, juga bisa mengajak dan meningkatkan kesadaran dan kewajiban masyarakat dalam berpolitik dan memberikan inisiatif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sehingga bisa meningkatkan kemandirian dan kedewasaan masing-masing Ormas.

Sosialisasi Ormas yang dilaksanakan oleh Kesbangpol Rejang Lebong tersebut kata dia, merupakan implementasi terhadap Permendagri tahun 2012 tentang pedoman pendaftaran Ormas di lingkungan Kementerian dan Pemerintahan Daerah sesuai dengan UU No.17/2013.

Sementara itu, Plh Kepala Kesbangpol Rejang Lebong, Yuliana dalam kesempatan itu juga mengharapkan kesadaran Ormas yang ada di wilayah itu guna melaporkan kegiatan individu dan kelompok dalam masyarakat yang dianggap mencurigakan kepada petugas penagak hukum.

Puluhan Ormas dan LSM yang mengikuti kegiatan itu juga dimintanya untuk membuat laporan secara rutin keberadaan mereka ke Kesbangpol setempat sehingga kegiatan mereka bisa dipantau dan diikutsertakan dalam berbagai kegiatan pembinaan dan lainnya. 

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018