Bengkulu (Antaranews Bengkulu) - Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Senin, meluncurkan sistem kesehatan elektronik (E-kes) sebagai wujud transformasi birokrasi dalam tatakelola pemerintahan yang berbasis digital.

"Sistem ini menghubungkan seluruh puskesmas yang ada di Bengkulu, sehingga layanan data dapat lebih terintegrasi dan terpadu," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Herwan Antoni.

Sistem E-kes mencakup segala urusan pemerintah yang terkait pelayanan kesehatan, seperti data pelayanan pasien, sarana-prasarana medis, pendidikan hingga pemantauan kesehatan masyarakat umum.

Menurut Herwan, aplikasi ini akan memudahkan informasi lengkap mengenai fasilitas kesehatan, tenaga medis, dan berbagai penyakit yang menjangkiti masyarakat.

"E-kes merupakan bagian dari pemerintah elektronik. Sistem ini dibangun dengan empat modul utama, yakni Sekretariat, P2P, Yankes, Kesmas, dan Master Puskesmas, sehingga memudahkan segala pencatatan dan administrasi kesehatan di Bengkulu," ujarnya.

Lebih lanjut Herwan menuturkan, E-kes diharapkan dapat mendukung manajemen peningkatan layanan kesehatan dan mewujudkan masyarakat hidup sehat.

"Cukup terhubung internet, maka semua data kesehatan yang dibutuhkan akan tersedia sehingga biaya administrasi dapat dipangkas. Sistem ini akan memaksimalkan kinerja pelayanan kesehatan di Bengkulu," tutupnya.

Pewarta: Sugiharto Purnama

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018