Rejang Lebong (Antaranews Bengkulu) - Bupati Rejang Lebong Ahmad Hijazi mengatakan pihaknya pada tahun ini akan memberangkatkan umrah 50 warga setempat yang berprestasi dalam bidang keagamaan maupun olahraga

"Ada 50 orang yang akan kita berangkatkan umrah pada tahun ini. Mereka ini adalah warga yang berprestasi, kemudian perangkat agama dari 15 kecamatan di Rejang Lebong," kata dia usai membuka pelatihan khatib, rubiah, dan risma di salah satu hotel di Rejang Lebong, Senin.

Kalangan warga yang akan diberangkatkan umrah tersebut, tambah dia, selain perangkat agama juga kepala desa berprestasi, peserta MTQ dari kalangan disabilitas, dan atlet tinju perempuan yang telah mengharumkan nama daerah itu.

Program umrah bagi warga Rejang Lebong tersebut, diberikan sebagai bentuk penghargaan pemerintah daerah atas prestasi yang telah diberikan oleh mereka sehingga diharapkan memacu semangat warga lainnya untuk berbuat terbaik bagi daerahnya.

Kabag Kesejahteraan Rakyat Pemkab Rejang Lebong Soni Noprizal menjelaskan program umrah yang akan dilaksanakan pada tahun ini merupakan yang kedua kali, di mana kegiatan itu menelan anggaran APBD 2018 senilai Rp1,2 miliar.

"Dananya merupakan hibah dari Pemkab Rejang Lebong dengan besaran Rp1,2 miliar, dengan peserta dari perangkat agama usulan dari masing-masing kecamatan dan kemudian masyarakat berprestasi," kata dia.

Mereka yang mengikuti program umrah gratis Pemkab Rejang Lebong itu, terutama dari kalangan perangkat agama usulan kecamatan pada Kamis (15/11) mendatang akan mereka kumpulkan di ruang Pola Pemkab Rejang Lebong guna mengikuti tes tertulis dan kelengkapan administrasi.

"Kalau peserta yang berasal dari masyarakat berprestasi tidak lagi menjalani tes dan tinggal melengkapi syarat-syarat saja," tambah dia.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018