Mukomuko (Antaranews Bengkulu) – Pihak Kepolisian Resor Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyiapkan berbagai peralatan untuk menghadapi kemungkinan bencana alam yang muncul di daerah ini.

“Yang penting kita siap menghadapi kemungkinan bencana alam yang muncul di daerah ini,” kata Wakil Kepala Kepolisian Resor Kabupaten Mukomuko Kompol M. Amin di Mukomuko, Jumat.

Ia mengatakan hal itu usai melaksanakan apel gelar personel dan peralatan tanggap bencana di lapangan olahraga Ratok Denai di Kelurahan Bandar Ratu, Kecamatan Kota Mukomuko.

Sebanyak 90 orang yang menghadairi apel gelar personel dan peralatan tanggap bencana yang terdiri dari forum komuniksi pimpinan daerah, kepala organisasi pimpinan daerah di lingkungan pemerintah setempat, organisasi pemuda dan tokoh masyarakat setempat.

Ia mengatakan, kegiatan ini bagian dari sinergitas untuk kebersamaan, dan melatih kesiapan personel dan persiapan peralatan tanggap bencana yang di miliki sejumlah instansi terkait di daerah ini.

Dengan adanya kegiatan seperti ini sehingga muncul sinergitas seluruh instansi terkait apabila terjadi bencana alam, baik bencana alam gempa bumi, tsunami dan banjir di daerah ini.

Pihaknya bersama dengan instansi terkait melakukan pengecekan alat yang dimiliki oleh Polres, Kodim, Badan Penanggulangan Bencana Alam (BPBD), Dinas Sosial dan Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran.

Ia menyebutkan, peralatan tanggap bencana ini, baik alat partikel maupun alat mobilitas seperti mobil dum truk untuk mengevakuasi korban bencana alam di daerah ini.

Selain itu, kegiatan ini juga latihan gabungan polisi, TNI, BPBD, Dinsos dan Satpol PP guna menyatukan persepsi dalam menanggulangi bencana alam yang muncul di daerah ini.

Ia menyebutkan, polres setempat memiliki perahu penolong, pelampung ada alat evakuasi.

Masyarakat setempat juga selama ini mendapatkan pengetahuan tentang tanggap dan siaga bencana dari Dinas Sosial dan BPBD setempat. Instansi terkait ini rutin menyosialisasikan kepada masyarakat.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018