Mukomuko (Antaranews Bengkulu) – Sebanyak lima kelompok tani di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menerima bantuan benih bawang merah dari pemerintah provinsi setempat.

“Kelompok tani daerah ini telah menerima benih bawang merah. Kelompok tani ini juga sebelumnya menerima bantuan mulsa untuk pengembangan tanaman ini dari pemerintah provinsi,” kata Kabid Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Wahyu Hidayat di Mukomuko, Minggu.  

Kabupaten Mukomuko tahun ini mendapatkan jatah pengembangan tanaman bawang merah di atas lahan seluas 20 hektare milik lima kelompok tani dari pemerintah provinsi setempat.

Ia menyebutkan, mayoritas sebanyak lima kelompok tani yang menerima bantuan pengembangan bawang merah di daerah ini merupakan kelompok tani di wilayah Kecamatan Teramang Jaya.

Mayoritas kelompok tani dari wilayah tersebut yang menerima bantuan karena kelompok tani di Kecamatan Teramang Jaya berhasil mengembangkan budi daya bawang merah 2017.

Selain itu, sebanyak 10 kelompok tani di daerah ini juga menerima bantuan pengembangan tanaman benih cabai merah di lahan seluas 50 hektare dari pemerintah provinsi setempat.

Ia menyebutkan, luas lahan tanaman pangan dan holtikultura untuk pengembangan tanaman cabai merah di daerah itu meningkat dibandingkan tahun sebelumnya, yakni seluas 40 hektare.

Ia menyatakan, sebanyak 10 kelompok tani yang menerima bantuan tersebut tersebar di sejumlah kecamatan yang akan menjadi sasaran kegiatan pengembangan tanaman cabai merah di daerah itu.

Ia menjelaskan, pemerintah memberikan bantuan saprodi dan benih bawang merah dan cabai merah agar masyarakat setempat tidak ketergantungan dengan bawang merah dan cabai impor.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018