Rejang Lebong (Antaranews Bengkulu) - Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, dalam waktu dekat menambah jumlah koleksi buku bacaan di perpustakaan.

Pada awal 2019 menambah jumlah koleksi buku bacaan yang ada di perpustakaan daerah 1.000 eksamplar terdiri dari 500 judul, kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Rejang Lebong, Rahmandani di Rejang Lebong, Minggu.

Rencana pengadaan buku tambahan di perpustakaan setempat tambah dia, akan menelan anggaran Rp40 juta, di mana pengadaan ini untuk menambah koleksi buku yang mereka miliki, di mana saat ini sudah ada lebih dari 20.000 eksamplar.

Penambahan buku bacaan itu sendiri untuk meningkatkan minat baca masyarakat Rejang Lebong dengan penyediaan buku bacaan yang lengkap, sehingga masyarakat yang membutuhkan buku bacaan bisa mendatangi perpustakaan daerah yang berada di samping GOR Curup.

Selain pengadaan buku, pihaknya pada 2019 nanti juga akan menambah gedung layanan perpustakaan. Pembangunan gedung baru bertingkat ini rencananya akan dibangun secara bertahap dengan pembiayaan dari dana alokasi khusus (DAK).

Sementara itu, untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang akan mengakses perpustakaan daerah pihaknya kata Rahmandani mulai saat ini sudah menambah jam layanan yang biasanya dilakukan sejak pukul 07.30 WIB sampai pukul 14.00 WIB, menjadi hingga pukul 15.30 WIB.

Adanya penambahan waktu layanan ini menurut dia, telah berdampak positip dengan banyaknya pengunjung yang datang untuk membaca buku. Bahkan pengunjung yang datang ini bukan hanya dari kalangan pelajar dan mahasiswa saja, namun juga sudah banyak dikunjungi masyarakat umum khususnya ibu-ibu rumah tangga.

"Selain pelajar dan mahasiswa, pengunjung yang datang ini juga banyak dari kalangan umum seperti ibu-ibu rumah tangga. Mereka ini selain untuk membaca buku-buku resep juga banyak yang membaca bukul ilmiah dan lainnya terutama tentang manajemen," ujarnya.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018