Bengkulu (Antaranews Bengkulu) - Pemerintah Kota Bengkulu akan meluncurkan program Ambulans Online berbasis aplikasi Android dan IOS pada pertengahan Desember 2018 ini. 

Kepala Dinas Komunikasi, Informasi dan Persandian Kota Bengkulu, Medy Pebriansyah, di Bengkulu, Kamis, menyebutkan program tersebut diperuntukkan bagi warga kota dan dapat diakses secara gratis. 

"Aplikasinya sekarang sedang dalam tahap pembangunan dan kita perkirakan rampung pada pertengahan Desember, sekaligus langsung kita launching," kata dia. 

Program ambulans online yang digagas Pemerintah Kota Bengkulu ini, modelnya serupa dengan aplikasi taksi atau ojek online yang sudah biasa dipergunakan masyarakat sekarang. 

Antarmuka dari aplikasi juga dibuat menyerupai aplikasi ojek online. Pengembangan ambulans online kata dia, bekerjasama dengan sejumlah pihak, termasuk penyedia aplikasi ojek online.  

"Dalam aplikasi ada petanya, menu umum, pesanan dan ambulannya akan terlihat di peta, serupa dengan yang ada di aplikasi taksi atau ojek online," tutur Medi 

Pada akhir November lalu, pemerintah kota juga sudah memberikan sosialisasi dan pelatihan bagi sopir yang akan mengoperasikan ambulans online. 

Pelatihan tersebut, kata dia agar nantinya pelayanan yang diberikan dari program berbasis online tersebut benar-benar maksimal, masyarakat pemesan pun mendapatkan kepastian dari layanan yang telah disediakan. 

"Kita tidak mau nanti masyarakat sudah memesan, ternyata driver mengabaikan, ini yang harus diantisipasi," ucapnya. 

Bagi operator ambulan yang membatalkan permintaan masyarakat tanpa alasan yang kuat atau tidak menanggapinya, maka Pemerintah Kota Bengkulu akan mengenakan sanksi tegas.  

"Ada punish dan reward, kinerja baik kita berikan penghargaan. Untuk ambulan organisasi atau milik masyarakat tentu juga ada penghargaannya, dan juga sanksi pemutusan kerjasama jika tak sesuai kinerja," ujar Medy. 

Pewarta: Boyke ledy watra

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018