Rejang Lebong (Antaranews Bengkulu) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyatakan, relawan demokrasi pemilu yang saat ini dalam proses perekrutan nantinya akan bertugas selama tiga bulan.

"Kontrak kerja relawan demokrasi pemilu ini selama tiga bulan, dengan besaran gaji perbulannya Rp750.000," kata Koordinator Divisi Sosialisasi dan Penmas KPU Rejang Lebong Ujang Maman di Rejang Lebong, Jumat.

Tiga bulan masa kerja relawan tersebut, yakni Februari hingga April 2019, dalam rentang masa kerjanya mereka akan bertugas menyosialisasikan Pemilu serentak 2019 di berbagai kalangan masyarakat di wilayah itu sehingga bisa mendorong mereka untuk menggunakan hak pilihnya.

Guna menjaring relawan demokrasi pemilu, pihaknya telah membuka pendaftaran 11-13 Januari, seterusnya proses penerimaan relawan 12-19 Januari, penelitian administrasi 20-21 Januari.

Selanjutnya pengumuman hasil penelitian administrasi kelengkapan persyaratan relawan demokrasi 22 Januari, dan seleksi wawancara pada 23 Januari, dan pengumuman hasil wawancara pada 26-27 Januari 2019, serta pengumuman kelulusan pada 28 Januari.

Kalangan masyarakat yang berminat menjadi relawan demokrasi bisa segera mendaftarkan diri ke KPU Rejang Lebong yang mewakili 11 basis, yakni basis keluarga, basis pemilih pemula, basis pemilih pemuda, basis pemilih perempuan.

Kemudian basis pemilih penyandang disabilitas, basis pemilih berkebutuhan khusus, basis kaum marginal, basis komunitas basis keagamaan, basis pengguna internet yang aktif di media sosial dan basis relawan demokrasi.

Keberadaan relawan demokrasi ini diharapkan, bisa meningkatkan partisipasi pemilih dalam masyarakat karena pada Pemilu serentak 2019, KPU pusat menargetkan partisipasi pemilih sebesar 77,7 persen, katanya.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019