Rejang Lebong (Antaranews Bengkulu) - Pejabat Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyebutkan produksi susu sapi perah yang dihasilkan peternak di daerah itu saat ini membutuhkan pemasaran sehingga sisa produksinya tidak terbuang.

Plt Kabid Peternakan Disnakan Rejang Lebong yang juga kepala Puskeswan Curup drh Firi Asdianto saat dihubungi di Rejang Lebong, Minggu, mengatakan saat ini produksi susu sapi perah yang dihasilkan dua kelompok di?Rejang Lebong mencapi 200 liter per hari, sedangkan yang terjual perharinya baru berkisar 50 persen saja.

"Dari 200-an liter susu segar yang dihasilkan ini yang langsung dibeli oleh koperasi baru 80 liter per hari, sisanya harus dijual peternak sendiri dan jika tidak laku maka akan terbuang saja," ujarnya.

Untuk memaksimalkan penjualan susu segar yang dihasilkan dua kelompok peternak sapi perah yang ada di Desa Air Bening, Kecamatan Bermani Ulu Raya dan Desa Mojorejo, Kecamatan Selupu Rejang pihaknya tambah dia, menawarkan usaha penjualan susu segar kepada masyarakat Rejang Lebong sehingga bisa membantu pemasaran produksi susu segar dari petani.

Kalangan warga setempat yang tertarik membantu pemasaran susu peternak tersebut akan mereka dukung sepenuhnya dengan memberikan bantuan pinjaman alat untuk penjualan susu segar antara lain lemari pendingin untuk tempat penyimpanan susu agar tak cepat rusak.

Alat penyimpan susu ini akan mereka pinjam pakaikan kepada pelaku usaha susu di daerah itu dan jika usahanya tidak produktif lagi maka akan mereka diambil guna diberikan kepada penjual susu lainnya yang membutuhkan.

Selain akan meminjamkan lemari pendingin Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong kata Firi, juga akan memberikan bantuan wadah susu (cup) maupun alat pengemasan susu yang akan dijual itu sendiri.

Sementara itu untuk menyerap produksi susu peternak di Rejang Lebong pihaknya sendiri akan menggulirkan gerakan minum susu dikalangan pelajar yang mereka namakan Gerimismas, dalam bentuk kerjasama dengan sekolah-sekolah yang ada di Rejang Lebong .

"Kita akan melakukan penjualan susu sapi perah yang sudah dikemas dengan beberapa rasa ke sekolah-sekolah, karena memang susu sangat besar manfaatnya untuk anak-anak," tambah dia.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019