Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Bengkulu mengimbau nelayan daerah itu, untuk mewaspadai gelombang laut empat meter di Barat Bengkulu.

Prakiraan gelombang empat meter itu juga terjadi di perairan Enggano hingga perairan Lampung, kata analisis BMKG stasiun Meterologi Fatmawati Soekarno Bengkulu Harist Syahid Hakim, Sabtu.

Ia menjelaskan, gelombang laut di perairan Bengkulu sekitar 3,5 meter, lebih tinggi dari sebelumnya 2,5 meter.
Angin di perairan Bengkulu berhembus dari arah Timur laut hingga Selatan dengan kecepatan berkisar 03-23 knots.
Selanjutnya prakiraan angin di perairan Enggano berhembus dari arah Timur hingga Selatan dengan kecepatan berkisar 05-25 knots.

Sedangkan hembusa angin di Samudra Hindia Barat Bengkulu berpeluang dari arah Timur hingga Selatan dengan kecepatan juga antara 05-25 knots. Pada peringatan dini BMKG, katanya, akan terjadi gelombang tiga meter, terutama di perairan Aceh, Nias hingga perairan Sumatera Barat.

Dari citra satelit cuaca terlihat daerah liputan awan hujan berada di wilayah Aceh, Sebagian Sumatera Utara, Sebagian Sumatera barat, Sebagian Bengkulu, hingga Sebagian Lampung. Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari arah Timur Laut hingga Selatan dengan kecepatan 05 - 40 km/ jam atau 03 - 22 knots.

Prakiraan cuaca di wilayah Bengkulu 12 jam ke depan sebagian besar berpeluang hujan ringan, terutama di daerah Mukomuko dan Kabupaten Kepahiang, dengan suhu udara berkisar 19-29 derajat dan kelembaban 70-98 persen.

Namun ada beberapa daerah lainnya terjadi cerah antara lain di Kabupaten Bengkulu Selatan dan Kota Bengkulu, suhu udara berkisar 23-32 derajat celcius dan kelembaban antara 63-95 persen, katanya.(Z005)

Pewarta:

Editor : Rangga Pandu Asmara Jingga


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012