Rejang Lebong (Antaranews Bengkulu) - Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, saat ini menyiapkan bantuan benih ikan untuk kelompok tani yang ada di wilayah itu.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Rejang Lebong, Taman, SP saat dihubungi di Rejang Lebong, Jumat, mengatakan bantuan benih ikan yang akan dibagikan ini mencapai 200 ribu ekor, yang terdiri dari berbagai jenis ikan seperti ikan nila, ikan mas, dan lele.

"Bantuan benih ikan ini nantinya akan disalurkan melalui kelompok tani, di mana bantuan ini diberikan untuk meningkatkan produksi perikanan di Rejang Lebong," kata dia.

Benih ikan yang akan dibagikan ini tambah dia, akan disiapkan oleh empat balai benih ikan (BBI) yang ada di daerah itu dengan jumlah berkisar 50 ribu ekor setiap BBI nya.

Sementara itu, pada tahun ini pihaknya juga akan menyalurkan bantuan program kolam percontohan yang sumber dananya berasal dari DAK 2019. Bantuan ini akan diberikan kepada 14 kelompok tani (poktan) tersebar dalam beberapa kecamatan di daerah itu.

"Poktan yang akan menerima bantuan program kolam percontohan dari pemerintah pusat ini, di mana setiap kelompoknya akan menerima dana untuk pengembangan kolam sebesar Rp40 juta," katanya.

Adapun wilayah yang menjadi fokus pengembangan program tersebut tersebar dalam tiga kecamatan di Kabupaten Rejang Lebong antara lain Kecamatan Padang Ulak Tanding, Kecamatan Bermani Ulu dan Kecamatan Curup Utara.

Tiga kecamatan itu selama ini dikenal sebagai sentra penghasil ikan air tawar di Rejang Lebong, sehingga dipilih menjadi lokasi pengembangan kolam percontohan, nantinya petani ikan yang tergabung dalam kelompok tani dapat menyerapnya dengan syarat mengajukan permintaan dalam bentuk proposal.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019