Mukomuko (Antaranews Bengkulu) - Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, berharap tahun ini ada penambahan dana untuk mengeliminasi atau memusnahkan sekitar 600 ekor anjing liar di daerah ini.

“Dananya ada, tetapi minim. Kami berharap ada penambahan dana untuk kegiatan ini di APBD perubahan tahun ini,” kata Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Warsiman di Mukomuko, Senin.

Dinas Pertanian setempat tahun ini kembali mendapatkan alokasikan dana sekitar Rp35 juta untuk kegiatan eliminasi atau pemusnahan anjing liar, atau sama dengan tahun sebelumnya.

Dinas Pertanian setempat tahun 2018 terpaksa batal mengeliminasi sekitar 600 ekor anjing liar di daerah karena tidak adanya penambahan dana untuk melaksanakan kegiatan tersebut.

Untuk itu, ia berharap, tahun ini adanya penambahan dana untuk melaksanakan kegiatan eliminasi anjing liar yang berkeliaran di jalan raya dan pemukiman penduduk di daerah ini.

Ia menyatakan, instansinya membutuhkan penambahan anggaran sebesar Rp75 juta untuk operasional tim gabungan yang terdiri dari instansi itu, Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran, polisi, TNI dan perangkat desa dan camat.

“Dana yang ada itu sangat minim untuk operasional tim gabungan yang melaksanakan kegiatan ini,” ujarnya.

Pemerintah daerah setempat melalui Dinas Kesehatan setiap tahun rutin melaksanakan kegiatan memusnahkan anjing liar di pemukiman penduduk dan dan jalan raya guna mengurangi populasi hewan penular rabies di daerah itu.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019