Mukomuko (Antaranews Bengkulu) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, tahun ini berencana mengembangkan usaha peternakan kambing perah jenis peranakan etawa.

"Tahun ini, pemerintah setempat berencana membeli sebanyak 40 ekor kambing perah jenis peranakan etawa untuk empat kelompok tani di daerah ini,” kata Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Warsiman di Mukomuko, Senin.

Ia mengatakan, anggaran membeli sebanyak sebanyak 40 kambing perah jenis peranakan etawa untuk empat kelompok tani ini sebesar Rp200 juta yang bersumber dari APBD.

Sedangkan empat kelompok tani ini berasal dari Kecamatan Penarik dan Ipuh dan masing-masing kelompok tani ini akan menerima sebanyak 10 ekor kambing perah jenis peranakan etawa.

Pemerintah setempat membeli sebanyak puluhan ekor kambing perah jenis peranakan etawa untuk pengembangan hewan ternak di daerah ini.

Selama ini, menurutnya, belum pernah ada masyarakat setempat yang telah mengembangkan kambing perah jenis peranakan etawa.

“Kita dulu pernah memberikan bantuan kambing perah jenis peranakan etawa kepada masyarakat dan kelompok tani daerah ini tetapi pengembangan peternakan kambing ini belum yang menghasilkan susu,” ujarnya.

Ia minta, kalau bisa masyarakat terutama empat kelompok tani ini memelihara kambing perah jenis peranakan etawa bantuan dari pemerintah setempat ini dengan baik sehingga hewan ternak ini selain menghasilkan daging juga susu.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019