Bengkulu (AntaranewsBengkulu) - Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menggelar panen raya padi di Desa Kayu Elang, Kecamatan Semidang Alas Maras, Kabupaten Seluma sekaligus menjadi gubernur pertama yang mengunjungi desa tersebut.

“Dengan panen raya ini tentu hasil pertanian masyarakat menjadi salah satu tulang punggung ketahanan pangan nasional,” kata Rohidin.
 
Optimalisasi ketahanan pangan terutama target Bumi Rafflesia swasembada beras, menurut dia perlu didukung sinergi antara organisasi perangkat daerah teknis di tingkat provinsi dan kebupaten, seperti halnya di Kabupaten Seluma.
 
Selain itu, gubernur juga menyoroti infrastruktur ke Desa Kayu Elang yang merupakan desa terisolir dan butuh dukungan pemerintah provinsi dan kabupaten.
 
Selain panen raya, gubernur juga menyerahkan bantuan alat-alat pertanian seperti traktor tangan, sabit, alat panen padi dan lainnya. Gubernur berpesan pada para petani agar mempergunakan alat tersebut dengan baik dan PPL di desa bias melakukan pendampingan secara bijak.
 
Kepala Desa Kayu Elang, Rigun menyampaikan ucapan terima kasih atas perhatian Gubernur Bengkulu dan bantuan dari pemerintah untuk masyarakat desa tersebut.

Menurut dia, selama desa tertua di Semidang Alas ini berdiri, baru Rohidin Mersyah sebagai Gubernur Bengkulu yang pertama kali menginjakkan kakinya di desa itu.
  
Tidak hanya panen raya dan membagikan bantuan alat pertanian, gubernur juga memimpin gerakan minum susu bersama, sunatan massal serta pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis bagi masyarakat desa sekitar.

Pewarta: Helti Marini S

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019