Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Badan Meterologi Kelimatologi dan Geofisika Bengkulu memprakirakan, wilayah Bengkulu 12 jam ke depan sebagian besar berpeluang berawan tebal.

Wilayah berawan itu terjadi enam daerah, sedangkan sisanya berpeluang hujan ringan pada siang hingga malam hari, kata analisis BMKG stasiun Meterologi Klimatologi dan Geofisika Fatmawati Bengkulu Diah Novita Astuti, Rabu.

Ia menjelaskan, daerah di Bengkulu berpeluang berawan itu antara lain Kabupaten Mukomuko, Kota Bengkulu dan kabupaten Seluma, dengan suhu udara berkisar 23-31 derajat celcius dan kelembaban antara 60-95 persen.

Sedangkan beberapa daerah lai berpeluang turun hujan ringan pada siang hingga malam hari antara lain di Kabupaten Bengkulu Utara, Rejang Lebong dan Kabupaten Kepahiang, suhu udaranya berkisar 18-29 derajat celcius dan kelembaban antara 67-98 persen.

Dari citra satelit cuaca terlihat daerah liputan awan dan hujan berada di sebagian besar wilayah Aceh, sebagian wilayah Sumatera Utara, sebagian wilayah Jambi hingga Barat Bengkulu. Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari arah Timur Laut hingga Selatan dengan kecepatan antara 08 - 38 km/ jam atau 05 - 21 knots.

Prakiraan gelombang laut di perairan Bengkulu, perairan Enggano dan perairan Barat Bengkulu rata-rata tinggi 3,5 meter, belum ada perubahan dari sebelumnya karena hembusan angin rata-rata berkecepatan 21 knots.
Angin di perairan Bengkulu berpeluang berhembus dari arah Timur laut hingga Selatan dengan kecepatan 05-21 knots dan angin di perairan Enggano berhembus dari Tenggara hingga Selatan dengan kecepatan 07-21 knots.

Sedangkan angin di Samudra Hindia Barat Bengkulu berpeluang berhmebus dari arah Tenggara hingga Selatan dengan kecepatan berkisar 08-22 knots, di wilayah itu juga berpeluang hujan lebat, ujarnya.(Z005)

Pewarta:

Editor : Rangga Pandu Asmara Jingga


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012