Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, tahun ini kembali menggulirkan sedikitnya 79 ekor sapi bantuan pemerintah setempat yang telah berkembang biak kepada sebanyak tujuh kelompok tani di daerah itu.

"Sebanyak 79 ekor sapi kita tarik dan gulirkan kepada kelompok tani yang belum pernah menerima bantuan sapi dari pemerintah,” kata Kasi Pembibitan dan Produksi Peternakan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Pitriani Ilyas di Mukomuko, Senin.

Sedikitnya 500 ekor sapi bantuan pemerintah setempat dan provinsi yang telah berkembang biak dan kini dipelihara oleh tani yang tersebar di 15 kecamatan di daerah ini.

Ia menyatakan, sebanyak 79 sapi tersebut berasal dari sebanyak 35 kelompok tani yang berhasil mengembangbiakan hewan ternak bantuan pemerintah dengan sistem bergulir tersebut.

Ia mengatakan, jumlah kelompok tani ini dan sapi bantuan pemerintah yang digulirkan kepada kelompok tani di daerah ini lebih banyak dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

"Tahun 2018 sebanyak lima kelompok tani yang menerima sebanyak 45 ekor sapi,” ujarnya pula.

Ia menjelaskan, sebanyak tujuh kelompok tani di daerah ini akan menerima bantuan masing-masing sebanyak 10 ekor sapi yang terdiri dari delapan betina dan dua jantan pada tahun ini.

Ia menjelaskan, sapi bantuan pemerintah setempat menggunakan sistem bergulir ini, yakni bantuan satu ekor sapi wajib mengembalikan dua ekor sapi untuk digulirkan kepada kelompok tani lain yang belum menerima bantuan.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019