Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Gelombang laut di perairan Bengkulu 12 jam ke depan diperkirakan setinggi 3,5 meter, namun tetap berpotensi tingginya mencapai empat meter.

"Prakiraan gelombang laut setinggi 3,5 meter itu, juga berpeluang terjadi di perairan Enggano, barat Bengkulu hingga barat Lampung," kata analis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno Bengkulu Diah Novita Astuti, Jumat.

Ia mengatakan angin di perairan Bengkulu bertiup dari arah Timur laut hingga selatan, dengan kecepatan berkisar 05-22 knots, di wilayah itu berpeluang berawan. Sementara angin di perairan Enggano berpeluang bertiup dari arah Tenggara hingga Selatan dengan kecepatan antara 07 hingga 24 knots, di wilayah itu juga terjadi berawan.

Sedangkan angin di Samudra Hindia barat Bengkulu berpeluang bertiup dari arah Tenggara hingga Selatan dengan kecepatan antara 08-24 knots, di wilayah itu akan berpeluang hujan ringan. Peringatan dini BMKG, kata dia memprakirakan akan terjadi gelombang laut tinggi antara tiga hingga empat meter di perairan Enggano, barat Bengkulu hingga barat Banten.

Dari citra satelit cuaca terlihat daerah liputan awan dan hujan berada di wilayah Aceh, sebagian wilayah Sumatera Utara, wilayah Kepulauan Mentawai, Pesisir Sumatera Barat hingga Barat Bengkulu. Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari arah Timur Laut hingga Selatan dengan kecepatan 08 - 40 km/ jam atau 05 - 22 knots.

Ia juga memprakirakan cuaca di wilayah Bengkulu tetap sebagian besar cerah berawan antara lain terjadi di kabupaten Bengkulu Selatan, Seluma hingga Kabupaten Kepahiang, suhu udaranya 20-30 derajat Celcius, dan kelembaban antara 65-97 persen.

"Sedangkan cuaca di wilayah Kabupaten Bengkulu Utara dan Mukomuko berpeluang hujan ringan pada sore hingga malam hari, dengan suhu 23-31 derajat Celcius, dan kelembaban antara 62-97 persen," ujarnya.(Z005)

Pewarta:

Editor : Rangga Pandu Asmara Jingga


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012