Kalangan nelayan di Pantai Indah Mukomuko Kelurahan Koto Jaya, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, sejak beberapa hari ini masih tetap melaut meski angin kencang menerpa perairan laut di wilayah tersebut.

"Nelayan masih tetap melaut karena ini merupakan aktivitas utama nelayan di wilayah ini,” kata Kabid Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Mukomuko Nasyyardi di Mukomuko, Selasa.

Hujan lebat disertai angin kencang sejak beberapa hari ini menerpa sebagian besar wilayah ini. Angin kencang tersebut menerpa sebagian besar wilayah ini pada pagi dan sore hari.

Ia mengatakan, kelompok usaha bersama nelayan setempat telah berkoordinasi dengan Dinas Kelautan dan Perikanan terkait angin kencang yang menerpa perairan laut wilayah ini.

Namun tidak ada aktivitas nelayan setempat yang terganggu angin kencang yang menerpa wilayah ini.

Karena nelayan di wilayah ini pergi melaut sekitar pukul 03.00 WIB sehingga perahu nelayan pergi melaut tidak terganggu angin kencang yang menerpa perairan laut pada pagi hari.

“Angin kencang menerpa perairan laut daerah ini pada pagi dan sore hari sehingga tidak menganggu aktivitas nelayan setempat terutama nelayan di Pantai Indah Mukomuko,” ujarnya pula.

Kendati demikian, ia mengimbau, nelayan di daerah ini untuk tetap mewaspadai angin kencang yang menerpa daerah ini karena angin sekencang ini dapat penyebabkan gelombang tinggi.

Selain itu, menurutnya, angin kencang dan gelombang tinggi yang menerpa wilayah ini bisa membahayakan perahu dan keselamatan nelayan setempat.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019