Harga jual getah karet milik petani di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, sejak beberapa hari terakhir mengalami kenaikan rata-rata sebesar Rp500 per kilogram dibandingkan sebelumnya.

“Harga jual getah karet, baik getah karet kotor dan bersih milik petani yang tersebar di di sejumlah kecamatan naik rata-rata sebesar Rp500 per kilogram,” kata Kepala Seksi Kemitraan dan Perizinan Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Sudianto di Mukomuko, Rabu.

Ia mengatakan hal itu setelah mendapatkan data harga jual getah karet kotor dan bersih dari petani kebun karet dan pedagangan pengumpul getah karet yang tersebar di empat kecamatan daerah ini.
    

Ia menyebutkan, sejak beberapa hari terakhir harga jual getah karet kotor milik petani di daerah ini berkisar Rp6.200 hingga Rp7.000 per kg dan harga jual getah karet bersih rata-rata sebesar Rp8.000 per kg.

Harga jual getah karet kotor dan bersih milik petani di Kecamatan Air Rami sebesar Rp7.000 per kg – Rp8.000 per kg,  atau mengalami kenaikan sebesar Rp500 per kg dibandingkan sebelumnya.

Kemudian harga jual getah karet kotor dan bersih milik petani di Kecamatan Penarik sebesar Rp7.000 – Rp8.000 per kg, harga getah karet kotor dan bersih milik petani  Kecamatan Teras Terunjam sebesar Rp6.200 per kg – Rp7.000 per kg.

Lalu  harga getah karet kotor dan bersih milik petani di Kecamatan V Koto sebesar Rp7.000 per kg – Rp8.000 per kg, meningkat sebesar Rp500 per kg dibandingkan sebelumnya.

Ia berharap, harga jual getah karet milik petani di daerah ini terus mengalami kenaikan dibandingkan sebelumnya, agar ekonomi petani kebun karet di daerah ini mengalami peningkatan

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019