Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan sejumlah peralatan mobil pelayanan perpustakaan keliling milik pemerintah setempat yang terbengkalai sejak tiga tahun terakhir di dinas tersebut diduga dicuri.

“Kami mengetahui peralatan mobil pelayanan perpustakaan keliling dicuri tanggal 23 April 2019 lalu kami melaporkan kejadian tersebut kepada Kepolisian Sektor Kecamatan Kota Mukomuko,” kata Kabid Perpustakaan Dina Kearsiapan dan Perpustakaan Kabupaten Mukomuko Juni Kurniadiana dalam keterangannya di Mukomuko, Jumat.

Ia menyebutkan, sejumlah peralatan mobil pelayanan perpustakaan keliling di kecamatan dan desa di daerah ini yang hilang diduga dicuri yakni tape dan lampu darurat mobil tersebut.

Ia mengatakan, pelaku pencurian mengambil sejumlah peralatan mobil pelayanan perpustakaan keliling tersebut dengan cara merusak kaca kiri bagian belakang kendaraan tersebut.

“Dekat mobil tersebut ada beberapa batu besar, diduga batu besar tersebut digunakan oleh para pelaku pencurian ini untuk merusak kaca mobil pelayanan perpustakaan keliling,” ujarnya pula.

Baca juga: Kecamatan Lubuk Pinang tertinggi kasus DBD di Mukomuko, warga diminta bersihkan lingkungan

Selanjutnya, ia menyatakan, pihaknya telah menyerahkan penanganan kasus ini kepada kepolisian sektor setempat untuk menyelidiki pelaku pencurian sejumlah peralatan mobil pelayanan perpustakaan keliling.


Ia berharap, polisi di daerah ini bisa segera menangkap para pelaku pencurian peralatan mobil pelayanan perpustakaan keliling milik pemerintah setempat.


Karena tidak hanya peralatan mobil pelayanan perpustakaan keliling saja yang dicuri, katanya, warga di wilayah ini juga kehilangan peralatan mobilnya.


Ia mengatakan, satu unit mobil pelayanan perpustakaan keliling tersebut merupakan aset pemerintah setempat yang dibeli menggunakan dana yang bersumber dari APBD setempat.

Menurutnya, mobil tersebut sudah lama mengalami kerusakan yakni sekitar tiga tahun terakhir. Instansinya tidak memiliki anggaran untuk memperbaiki kerusakan kendaraan tersebut.

Instansinya sudah pernah mengusulkan lelang mobil pelayanan perpustakaan keliling tersebut tetapi usulan belum disetujui oleh instansi terkait.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019