Kepolisian daerah (Polda) Bengkulu akan menyiapkan pos pelayanan di berbagai ruas jalan untuk mengamankan jalur mudik lebaran termasuk mendirikan pos di daerah rawan bencana alam.

Kapolda Bengkulu Brigadir Jenderal Polisi Supratman mengatakan, pendirian pos di daerah rawan bencana alam tersebut berdasarkan peristiwa bencana alam banjir dan longsor yang terjadi hampir di seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Bengkulu beberapa waktu lalu.

Pihak Polda Bengkulu juga telah melakukan evaluasi terhadap pos pengamanan jalur mudik lebaran tahun lalu dan tahun ini akan dilakukan penambahan pos pengamanan.

Ia menambahkan, rencananya pekan depan pihaknya akan menggelar rapat koordinasi bersama Korem 041 Gamas, Pemerintah Provinsi Bengkulu dan pihak lainnya untuk memastikan titik pendirian pos pengamanan jalur mudik lebaran.

Ia juga memastikan akan mengerahkan kekuatan yang maksimal untuk memberikan pelayanan bagi masyarakat dalam arus mudik lebaran nanti termasuk menggelar operasi ketupat 2019.

Terpisah, Kapolres Kota Bengkulu AKBP Prianggodo Heru Kun Prasetyo mengatakan, khusus di Kota Bengkulu, pengamanan lebaran kali ini akan dikonsentrasikan di pusat perbelanjaan dan tempat wisata.

Lebih rinci, Polres Kota Bengkulu akan mendirikan 5 pos pengamanan lebaran idul fitri. Diantaranya di Bandara Fatmawati, kawasan Pantai Panjang, pantai Zakat, simpang lima ratu samban, dan di kawasan pasar Panorama.

Berdasarkan analisa yang dilakukan, pihaknya memprediksi titik keramaian pada H-3 lebaran akan terjadi di kawasan pertokoan dan pusat perbelanjaan.

Sedangkan pada H+3 lebaran, titik keramaian kemungkinan terjadi di kawasan wisata seperti kawasan Pantai Pasir Putih, Pantai Panjang dan Pantai Zakat.

Untuk memastikan kenyamanan dan keamanan masyarakat di Kota Bengkulu pada idul fitri kali ini, pihaknya akan menurunkan sedikitnya 150 personil kepolisian dari berbagai satuan.

Termasuk Polres Kota Bengkulu juga akan menerjunkan penembak jitu yang nantinya akan ditempatkan dititik rawan terjadi tindak pidana.

Sejauh ini, katanya, tingkat kriminalitas di Kota Bengkulu paling tinggi terjadi yakni pencurian dengan kekerasan dan jambret.

Pewarta: Carminanda

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019