Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, membentuk kelompok sadar wisata guna meningkatkan kepedulian warga masyarakat dalam menjaga dan mengelola objek wisata di daerah itu.

Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Mukomuko, Apriansyah melalui Kasi Promosi Pariwisata Supriadi dalam keterangannya di Mukomuko, Rabu menyatakan, tujuan pembentukan kelompok ini agar masyarakat lebih peduli dalam menjaga dan melestarikan lingkungan dan diharapkan mereka melakukan penghijauan di lokasi objek wisata.

Ia mengatakan hal itu saat pembentukan sebanyak tiga kelompok sadar wisata yang berdomisili dekat dengan objek wisata Pantai Batu Kumbang di Kecamatan Ipuh, Danau Telaga Biru di Kecamatan Air Dikit dan Danau Nibung.

Supriyadi menjelaskan, keanggotaan sebanyak tiga kelompok sadar wisata ini terdiri dari puluhan orang warga masyarakat yang berada dekat dengan lokasi tiga objek wisata di daerah ini.

"Anggota kelompok sadar wisata ini terdiri dari orang-orang yang selama ini memiliki kepedulian yang sangat besar terhadap objek wisata di wilayahnya masing-masing," ujarnya.

Ia menyatakan, instansinya selain membetuk sebanyak tiga kelompok sadar wisata di daerah ini, sekaligus menyosialisasikan payung hukum pembentukan, tugas dan fungsinya.

Terkait dengan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga kelompok sadar wisata ini, menurutnya, diatur berdasarkan hasil rapat koordinasi yang disepakati oleh kelompok sadar wisata.

Begitu juga dengan berbagai kebutuhan dalam rangka menjaga dan melestarikan objek wisata hingga untuk kegiatan pengembangan objek wisata di wilayah itu disampaikan melalui proposal usulan dari kelompok ini.

Ia berharap, keberadaan kelompok sadar wisata memberikan peluang bagi daerah untuk mendapatkan anggaran atau dana alokasi khusus guna pengembangan objek wisata di daerah itu.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019