Komando Distrik Militer (Kodim) 0407 Bengkulu akan membuka ruas jalan baru yang akan terhubung ke jalur evakuasi tsunami di Kecamatan Kampung Melayu Kota Bengkulu. 

Pembukaan jalan baru ini menjadi salah satu sasaran dalam kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 yang akan dimulai 1 Juli 2019.

Jalan yang akan dibuka tersebut menghubungkan dua kelurahan yakni jalan RT 16 Kelurahan Padang Serai menuju RT 19 Kelurahan Sumber Jaya.

Jalan yang akan dibuka tersebut merupakan jalan aspal dengan panjang 1,3 kilometer dan lebar 8 meter.

Komandan Kodim 0407 Bengkulu, Letkol Arm Yose Rizal Sa'at mengatakan, daerah tersebut merupakan dataran rendah yang saat musim hujan dapat berubah menjadi rawa.

Untuk itu ketinggian jalan menjadi faktor yang penting diperhatikan.

"Sekitar tidak lebih dari satu kilo dari lokasi TMMD ini ada titik kumpul evakuasi," katanya saat diwawancarai di Makodim 0407, Kamis.

Selain membuka jalan baru, dalam TMMD kali ini Kodim 0407 Bengkulu juga akan memperbaiki dua masjid di Kecamatan Kampung Melayu.

Selain itu, ada juga perbaikan jembatan sepanjang 7 meter yang masuk dalam sasaran tambahan TMMD ini.

Jembatan tersebut kondisinya saat ini tidak layak digunakan. Lantai jembatan rusak parah. Jembatan juga sudah tidak dilalui warga lagi.

Selain itu, kegiatan TMMD ini juga akan memberikan pemahaman kepada masyarakat dalam bentuk penyuluhan.

Setidaknya ada 12 materi penyuluhan yang akan disampaikan. Diantaranya bela negara, penyuluhan kesehatan, pertanian, hukum dan bahaya radikalisme.

"Tujuan TMMD ini untuk membentuk masyarakat yang mandiri dan kuat secara ideologi bangsa," katanya.

Pewarta: Carminanda

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019