Medan (ANTARA Bengkulu) - Medan menjadi tuan rumah pameran internasional pariwisata Sumatera atau Sumatera International Travel Fair yang akan digelar di Hotel Grand Angkasa pada 29-31 Oktober 2012.

"Pameran ini digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bekerja sama dengan Badan Pariwisata Daerah Provinsi Sumatera Utara," kata Kepala Bidang Promosi dan Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Medan Agus Suryono di Medan, Kamis.

Disebutkannya, Sumatera International travel Fair akan memamerkan berbagai peluang dan potensi bisnis dan jasa industri pariwisata di sejumlah objek wisata yang tersebar di Pulau Sumatera.  

Hingga saat ini, menurutnya, sudah 70 orang pelaku bisnis dan jasa pariwisata dari mancanegara sudah memastikan menghadiri pameran berskala internasional itu.

Para "buyers" yang sudah memastikan hadir dalam pameran itu, antara lain dari kawasan ASEAN, Jepang, Korea, RR China dan negara-negara Eropa.

Agus mengatakan, momentum pameran ini akan dimanfaatkan para pelaku usaha pariwisata di Kota Medan dan berbagai kabupaten/kota lain di Sumatera Utara (Sumut) untuk menawarkan beragam paket wisata.

"Kemungkinan selama kegiatan pameran pariwisata ini akan banyak disepakati kerja sama antar pengusaha pariwisata di dalam negeri dengan para "buyers" dari sejumlah negara," ujarnya.

Pameran pariwisata internasional yang baru pertama digelar di Medan itu direncanakan dibuka Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar.

Ia menyatakan optimistis penyelenggaraan Sumatera International Travel Fair di Ibu kota Provinsi Sumut turut berdampak positif bagi kinerja industri pariwisata di Medan dan daerah lain di Sumatera.

Sektor usaha pariwisata di Medan, katanya, kini mengalami pertumbuhan yang cukup menggembirakan.

Dalam upaya meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara, pemerintah kota setempat menjadikan tahun ini sebagai tahun kunjungan wisata Medan atau Visit Medan Year 2012".

Pemerintah Kota (Pemkot) Medan tahun ini manargetkan kota itu dikunjungi sedikitnya 250 ribu wisatawan mancanegara.(ANT)

Pewarta:

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012