Ada yang menarik dalam upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-73 yang digelar di halaman Mapolda Bengkulu Rabu (10/7). Usai upacara, anggota kepolisian mendapat kejutan dari prajurit TNI.

Sesaat setelah komandan upacara memberikan penghormatan tanda upacara selesai kepada inspektur upacara yakni Kapolda Bengkulu Brigadir Jenderal Supratman, secara mengejutkan tiba-tiba serombongan prajurit TNI memasuki lapangan upacara dengan membawa nasi tumpeng dengan ukuran cukup besar.

Kedatangan serombongan prajurit TNI itu sontak membuat anggota kepolisian dan seluruh tamu undangan terkejut. Tak butuh waktu lama, seluruh anggota kepolisian dan tamu undangan pun langsung berdiri dan memberikan tepuk tangan yang meriah.

Diiringi lagu selamat ulang tahun yang dipopuleri oleh group band Jamrud, nasi tumpeng itu kemudian dibawa mendekat kearah meja Kapolda Bengkulu Brigadir Jenderal Supratman. Dibarisan itu duduk berjejer tamu VIP.

Pembawa acara pun kemudian meminta Kapolda Bengkulu Brigadir Jenderal Supratman beserta para tamu VIP untuk lebih mendekat ke meja nasi tumpeng tersebut. Tanda prosesi pemotongan nasi tumpeng segera dilakukan.
HUT Bhayangkara ke-73 yang digelar di halaman Mapolda Bengkulu. (Foto Antarabengkulu.com)

Pemotongan nasi tumpeng ini dilakukan oleh Komandan Korem 041 Garuda Emas Kolonel Inf Dwi Wahyudi didampingi Komandan Lanal Bengkulu Letnan Kolonel Laut ( P ) M. Andri Wahyu Sudrajat dan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah.

Potongan nasi tumpeng yang bertuliskan selamat ulang tahun Bhayangkara ke-73 tersebut kemudian diserahkan ke Kapolda Bengkulu Brigadir Jenderal Supratman. Sekali lagi para hadirin pun bertepuk tangan.

"Ini luar biasa buat saya. Saya betul-betul kaget. Ini tadi ada lagu-lagu begitu ini ada apa ini. Ini pak Danrem ngerjain saya ini," kata Kapolda Bengkulu Brigadir Jenderal Supratman saat diwawancarai usai upacara, Rabu.

Supratman pun merasa terharu dan mengapresiasi kejutan yang diberikan oleh TNI pada HUT Bhayangkara ke-73 ini. Ia berharap kedepan sinergitas antara dua lembaga ini dapat terus ditingkatkan.

Senada dengan Supratman, Danrem 041 Garuda Emas Kolonel Inf Dwi Wahyudi juga berharap kedepan hubungan TNI dan Polri khususnya di Bengkulu dapat terus terpelihara dengan baik.
HUT Bhayangkara ke-73 yang digelar di halaman Mapolda Bengkulu. (Foto Antarabengkulu.com)


"Setiap saat hubungan baik ini kita bina dengan pak Kapolda. Semoga kedepan semakin mantap," katanya.

Dwi mengatakan kejutan yang diberikan ini sudah memang sudah dipersiapkan. Hal ini, katanya sebagai bentuk ucapan selamat ulang tahun kepada kepolisian.

Dalam upacara peringatan HUT Bhayangkara ke-73 ini Kapolda Bengkulu Brigadir Jenderal Polisi Supratman membacakan amanat dari Presiden RI Joko Widodo.

Amanat tersebut pada intinya mengapresiasi Polri dan TNI yang telah bekerja dengan baik dalam mengamankan beberapa agenda besar kenegaraan. Diantaranya Asian games, Asian para games, pertemuan IMF-Bank Dunia di Bali dan terakhir pengamanan Pemilu dan Pilpres pada April lalu.

Supratman juga menyematkan penghargaan bintang bhayangkara nararya yang diberikan Presiden Jokowi kepada Kanit 1 Dit Narkoba Polda Bengkulu Kompol Manugi Simaremare atas prestasinya dalam pengungkapan kasus narkoba di Bengkulu.

Supratman juga menyematkan pin emas penghargaan dari Kapolri Tito Karnavian kepada Kasubdit Jatanras Polda Bengkulu AKBP Max Mariners atas prestasinya dalam pengungkapan beberapa kasus besar di Bengkulu.

Supratman juga memberikan penghargaan kepada ratusan anggota Satuan Brimob Polda Bengkulu yang telah menjalankan tugas BKO operasi mantap brata 2019 di Jakarta.

Pewarta: Carminanda

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019