Presiden Joko Widodo menyumbang satu ekor sapi jenis limousin dengan berat 1,02 ton untuk warga Provinsi Bengkulu. Sapi ini akan disembelih saat Idul Adha mendatang di masjid Jamik Kota Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan. 

Kepala Biro Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Bengkulu Edie Hartawan mengatakan, sapi kurban dari Presiden Jokowi ini dibeli dari peternak lokal di Kabupaten Seluma. Harganya diperkirakan sekitar Rp64 juta.

Hewan kurban bantuan Presiden Jokowi ini diserahkan oleh Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah yang diwakilkan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu Budiman Ismaun kepada pengurus masjid Jamik di Manna.

"Daging sapi kurban nantinya supaya disalurkan kepada pihak-pihak yang tepat karena laporannya akan dimintai oleh Pemprov dan diteruskan ke Sekretariat Negara di Jakarta," kata Edie, Kamis.

Edie juga memastikan kesehatan hewan kurban ini sudah layak untuk disembelih dan aman untuk dikonsumsi masyarakat. Hal itu mengingat sudah dilakukan pemeriksaan kesehatan.

Sementara itu, jelang hari raya Idul Adha ini Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu melakukan pemeriksaan hewan kurban dibeberapa tempat penjualan hewan di Kota Bengkulu.

Hasilnya, petugas menyatakan hewan kurban jenis sapi dan kambing yang akan disembelih aman dari penyakit dan layak untuk dikonsumsi.

"Kitanya nyatakan layak dan mememuhi syarat untuk dikonsumsi," kata Sekretaris Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu Nopi Yeni.

Pewarta: Carminanda

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019