Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyebutkan jumlah hewan kurban yang disembelih masyarakat di daerah itu pada Hari Raya Idul Adha tahun ini mencapai 2.237 ekor.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Rejang Lebong Taman SP didampingi Kabid Peternakan Hendra Yani di Rejang Lebong, Senin mengatakan jumlah hewan kurban yang disembelih ini terdiri dari jenis sapi, kerbau dan kambing.

Baca juga: Jamaah haji Rejang Lebong wafat di Mekkah

"Berdasarkan pendataan petugas di lapangan diketahui jumlah kurban yang disembelih tahun ini mencapai 2.237 ekor, terdiri dari jenis sapi, kerbau dan kambing," kata dia.

Adapun hewan kurban yang disembelih warga 15 kecamatan di Rejang Lebong pada Hari Raya Idul Adha, Minggu (11/8), ujar dia, untuk kambing sebanyak 1.442 ekor, kemudian jenis sapi sebanyak 775 ekor serta kerbau sebanyak 20 ekor.

Pemotongan hewan kurban ini terbanyak berada di Kecamatan Curup Tengah, yaitu sebanyak 382 ekor, terdiri dari 257 ekor sapi, 11 kerbau dan 114 kambing. Kemudian Kecamatan Curup sebanyak 375 ekor, yang terbagi sapi 183 ekor, kerbau lima ekor dan kambing sebanyak 187 ekor.

Selain melakukan pendataan jumlah hewan kurban yang disembelih warga, kata dia, pihaknya juga melakukan pemeriksaan kondisi kesehatan hewan kurban, baik sebelum disembelih maupun daging yang sudah disembelih guna memastikan daging yang akan dibagikan kepada warga layak dikonsumsi.

Baca juga: Bupati Rejang Lebong ajak warga doakan jamaah haji Indonesia

"Setelah dilakukan pemeriksaan hewan kurban ini semuanya dalam kondisi sehat, dan pemeriksaan terhadap daging hewan kurban yang disembelih warga juga tidak ditemukan adanya cacing hati," urainya.

Sementara itu, pada hari kedua Idul Adha Senin (12/8) di Rejang Lebong, sejumlah lokasi di daerah itu masih melakukan penyembelihan hewan kurban, salah satunya di Kantor Kemenag Rejang Lebong, di mana Kemenag Rejang Lebong tahun ini menyembelih 10 ekor sapi.

"Hewan kurban yang disembelih pada tahun ini sebanyak 10 ekor, terdiri dari sembilan ekor sapi dan satu ekor kerbau. Hewan kurban ini merupakan sumbangan pegawai Kemenag Rejang Lebong, dengan sistem arisan yang dikumpulkan setiap bulan," kata Kepala Kantor Kemenag Rejang Lebong, H Lapulangi.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019