Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Selagan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengklu, menargetkan penambahan pelanggan baru sebanyak 1.500 pelanggan hingga tahun 2020.

“Kapasitas produksi air yang dihasilkan oleh PDAM, yakni sebesar 60 liter per detik. Dari kapasitas sebesar itu perusahaan masih bisa menambah pelanggan sebanyak sekitar 1.500 pelanggan lagi,” kata Direktur PDAM Tirta Selagan Kabupaten Mukomuko Suryadi di Mukomuko, Minggu.

Ia menyebutkan, dari jumlah pelanggan sebanyak 1.550 pelanggan, kapasitas produksi air yang terpakai baru sebanyak 30 liter per detik dari kapasitas produksi air yang dihasilkan oleh perusahaan ini sebesar 60 liter per detik.

Sebanyak 1.550 pelanggan PDAM Tirta Selagan itu yang tersebar di empat kecamatan, yakni Kecamatan Selagan Raya, Kecamatan Teras Terunjam, Kecamatan Air Manjuto dan Kecamatan Kota Mukomuko.

Untuk itu, ia mengatakan, dari kapasitas produksi air yang dihasilkan oleh perusahaan ini, maka perusahaan masih memiliki peluang untuk menambah pelanggan baru di empat kecamatan daerah ini.

Namun, katanya, sekarang ini kendalanya debit air perusahaan ini mulai berkurang pada musim kemarau sekarang ini sehingga berdampak pada penurunan pasokan air ke pelanggan di sejumlah wilayah setempat.

“Kini kendala yang kami hadapi pada musim kemarau sekarang ini adalah sumber air yang dihasilkan oleh perusahaan berkurang, debit air berkurang mencapai 50 persen,” ujarnya pula.

Akibat sumber air berkurang drastis pada musim kemarau sekarang ini sehingga berpengaruh dengan pelayanan perusahaan terhadap pelanggan yang ada karena kekuatan air melemah.

Ia menyebutkan, seperti pelayanan air bersih untuk pelanggan di Pantai Indah Mukomuko Kelurahan Koto Jaya, Kecamatan Kota Mukomuko yang tidak mendapatkan air bersih sejak penurunan debit air PDAM.


Untuk itu, ia mengatakan, pihaknya menjadwalkan penyaluran air bersih untuk pelanggan yang ada di Kelurahan Koto Jaya pada malam hari karena pada pagi hari terjadi beban puncak sekira pukul 06.00 WIB hingga 10.00 WIB.

Selain itu perusahaan ini membendung aliran sungai ini dengan cara menyusun batu besar di lokasi sumber air guna meningkatkan debit air untuk disalurkan kepada pelanggan yang ada.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019