Politeknik Kelautan dan Perikanan Pariaman, Provinsi Sumatera Barat tahun ini menetapkan Dinas Kelautan dan Perikanan (KP) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu sebagai salah satu rayon penerimaan mahasiswa baru Politeknik tersebut.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Mukomuko Edy Aprianto dalam keterangannya di Mukomuko, Jumat, mengatakan instansi ini ditetapkan sebagai salah satu rayon penerimaan mahasiswa (taruna) baru Politeknik KP sesuai dengan pengumuman Kepala Pusat Pendidikan dan Kelautan Nomor 156/BRSDM.04/DL.200/VII/2019.

Ia mengatakan, proses pendaftaran dan seleksi taruna baru Politeknik KP ditetapkan pada 17 Juli hingga 26 Agustus 2019. Kuota penerimaan taruna baru sebanyak 160 peserta didik dengan tiga program studi.

Dari sebanyak tiga program studi tersebut, sebanyak 55 peserta didik untuk program studi perikanan tangkap, permesinan kapal sebanyak 55 peserta didik, dan usaha budi daya ikan sebanyak 50 peserta didik.

Pihak Politeknik KP Pariaman dalam melakukan penerimaan taruna baru sesuai dengan program Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) yakni menerima sebanyak 50 persen dari kuota peserta didik harus berasal dari anak pelaku utama perikanan.

Penerimaan sebanyak 50 persen lagi untuk peserta didik melalui jalur umum, sehingga setiap lulusan sekolah menengah atas sederajat baik yang ada di kabupaten ini maupun di kabupaten/kota di Bengkulu bisa mendaftar.

Selanjutnya, pihak politeknik KP Pariaman  akan datang ke daerah ini untuk menyeleksi calon taruna baru selama empat hari mulai dari tanggal 3 hingga 6 September 2019.

Ia mengatakan, instansinya saat ini sedang mencari sejumlah sarana dan prasarana olahraga di sekolah di daerah ini yang bisa digunakan untuk menyeleksi fisik calon taruna baru.

Ia mengatakan, Politeknik KP Pariaman membuka rayon penerimaan taruna baru di Dinas Kelautan dan Perikanan setempat guna memudahkan lulusan SMA daerah ini mengikuti seleksi calon taruna baru.* 

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019