Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyiapkan fasilitas penunjang kemetrologian untuk tera ulang timbangan pedagang dan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di daerah ini.

Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Mukomuko Antoni dalam keterangannya di Mukomuko, Senin, mengatakan instansinya menyiapkan fasilitas kemetrologian seperti satu unit mobil Hilux double cabin, empat sepeda motor dan alat-alat ukur, takar, timbang dan perlengkapan (UTTP).

“Dana untuk membeli berbagai peralatan ini dari pemerintah pusat dan sejumlah peralatan kemetrologian ini, yakni sebesar Rp750 juta untuk membeli mobil hilux double cabin dan empat sepeda motor serta sebesar Rp699 juta untuk membeli UTTP,” ujarnya.

Ia memastikan, semua fasilitas penunjang kemetrologian untuk melakukan tera ulang timbangan pedagang dan SPBU yang tersebar di 15 kecamatan di daerah ini dimanfaatkan dalam tahun ini.

Ia mengatakan untuk sementara ini instansinya memberikan pelayanan tera ulang terhadap pedagang di daerah ini di kantor ini dengan mengundang pedagang membawa timbangannya.

Kendati demikian, ia mengatakan, instansinya memberikan pelayanan tera ulang timbangan pedagang apabila ada usulan dari pedagang atau tera ulang SPBU di daerah ini.

“Kalau tahun ini kita sudah melakukan tera ulang timbangan di SPBU dan akan dilakukan lagi tahun depan bersama dengan petugas metrologi provinsi,” ujarnya.

Ia mengatakan, sebanyak dua orang aparatur sipil negara (ASN) di instansi ini yang dilatih di Bandung sebagai petugas yang akan melakukan tera ulang timbangan pedagang dan SPBU.

Kendati demikian, ia menyatakan, untuk sementara ini instansinya tetap bekerja sama dengan petugas metrologi provinsi setempat untuk melakukan tera ulang timbangan pedagang dan SPBU di daerah ini.*

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019